Pasca Lebaran Pemerintah Desa Mandong Adakan Halalbihalal

Pasca Lebaran Pemerintah Desa Mandong Adakan Halalbihalal

Pasca Lebaran Pemerintah Desa Mandong Adakan Halalbihalal 5184 3456 Admin Mandong

MANDONG – Pemerintah Desa Mandong, Lembaga Desa Mandong bersama Karang Taruna Panca Kridha Bhakti mengadakan halal bihalal dan silahturahmi dengan segenap keluarga besar dan mitra kerja pada Selasa (18/6). Upaya mempererat silaturahmi ini dilakukan di Balai Desa Mandong, yang dihadiri oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, RT dan RW, Satlinmas, PKK, KPMD, TPK-BJ, Lembaga Desa dan Karang Taruna.

Suasana Halalbihalal

Kepala Desa Mandong dalam sambutannya berharap acara halal bihalal dan silaturahmi tersebut bernilai ibadah di mata Allah SWT. Ia juga mengungkapkan rasa bangganya atas perkembangan positif Karang Taruna Panca Kridha Bhakti karena sudah dapat melaksanakan progam kerja yang bernilai positif bagi desa Mandong dan semoga kedepanya desa Mandong dapat lebih maju.

Siraman Rohani dari Bp Abadi, S.Pd

Pembacaan Ikrar halalbihalal dipimpin oleh Waluyo dan ditirukan oleh seluruh hadirin, berjalan dengan khidmat. Acara hiburan diisi dengan Tausiyah yang dibawakan oleh Bp. Abadi S.Pd dan Organ tunggal Surya Wening dari Mandong.

Dalam memaknai Idul Fitri, masyarakat Muslim di Jawa mempunyai caranya sendiri dengan menyebutnya sebagai lebaran. Dan dalam lebaran ini ada makna lain, yaitu leburan, luberan dan laburan. Lebaran mempunyai  arti lepas, bebas, sudah, selesai atau habis. Leburan berarti luluh, lebur, atau diampuni (berkaitan dengan salah dan dosa), luberan berarti luapan (meluap), dan laburan berarti melapisi dengan kapur (dinding rumah pada masa lalu biasanya dilabur, dicat dengan kapur putih).

Agenda silaturohmi ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap Hari Raya idul Fitri. Di selenggarakannya acara ini tak lain adalah untuk menjalin silaturohmi dan persaudaraan antara pemerintah Desa Mandong dengan elemen warga desa Mandong.

Bagikan