Pemerintah Desa Wujudkan Transparansi Desa Melalui Website

Pemerintah Desa Wujudkan Transparansi Desa Melalui Website

Pemerintah Desa Wujudkan Transparansi Desa Melalui Website 900 600 Admin Mandong

Transparansi di dunia pemerintahan menjadi hal yang wajib direalisasikan. Transparansi menjadi salah satu faktor yang paling dominan dalam mewujudkan keberhasilan melaksanakan pembangunan sebuah daerah/ kota bahkan negara. Transparansi akan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan wewenang, pemborosan, kebocoran anggaran yang berpotensi dilakukan oleh aparatur-aparatur pemerintah.

Wujud terbangunnya transparansi yang benar inilah didasarkan oleh arus informasi yang bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk masyarakat setempat. Informasi yang dipublikasi oleh pemerintah tersebut yang bisa dimengerti, jelas, dan dipantau oleh masyarakat. Dengan adanya transparansi inilah masyarakat juga berperan untuk mencegah terjadinya kecurigaan publik, kecurangan, manipulasi, yang hanya menguntungkan salah satu kelompok/ individu.

Transparansi pemerintah harus dilakukan mulai dari level pusat, hingga daerah/ desa. Kini, beberapa desa mulai berbenah dan membuat komitmen bersama untuk mewujudkan transparansi/ keterbukaan informasi publik ini. Terlebih setelah internet merambah ke seluruh dunia, transparansi mulai bisa dilakukan secara online. Seperti halnya, Dana Desa yang dikelola oleh aparatur pemerintahan desa dapat dipublikasi melalui media online, salah satunya website.

Pemerintah Desa kini mengelola informasi publik tidak secara manual/ konvensional melainkan melalui pendekatan berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya Desa Mandong, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Per April tahun 2019 ini telah meluncurkan website desa yang berfungsi sebagai pintu masyarakat untuk mengakses informasi tanpa harus hadir secara fisik ke kantor desa. Berbagai informasi dan layanan desa Mandong tersedia di website www.mandong.desa.id .

Pada perancangan website ini Pemerintah Desa Mandong berkerja sama dengan Grapiku, sebagai mitra pemerintah untuk mewujudkan suatu sistem atau alat transparansi, dan akuntabilitas publik. Dengan hadirnya web desa, manfaat yang bisa dirasakan jajaran pemerintah desa salah satunya adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat Desa Mandong. Masyarakat setempat akan terlibat dan mendukung penuh program-program desa baik saat perencanaan hingga pertanggungjawaban. Hingga terwujudlah pembangunan desa yang maju.

Bagikan